Sholat itu Lebih Mahal Harganya dari Tiket Pesawat

Assalamualaikum wr.wb. Halo sahabatku yang baik? Yang sehat? Yang Kaya? Amin…, kali ini dapat kiriman artikel dari Grup WA saya yang isinya tentang Wal Ashri, yaitu saling nasehat menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

Sudah banyak GRUP2 WA yang saya tinggal (walk out) ya karena isinya menurutku hanya sekedar pembicaraan yang sia sia, he he he…malah lebih dari sia sia, dan gak ada gunanya, bahkan kalo boleh gak ada pentingnya kita dengar apalagi baca ha ha ha, Piss Prend.

Baiklah, artikel dibawah ini menurutku cukup bangus, sehingga saya siap share ke teman2 di dunia maya, semoga bermanfaat. Amin YRA.

Di bandara, saya melihat hampir semua orang melangkah cepat, bahkan ada yang berlarian karena takut ketinggalan pesawat. Semua orang rela bangun lebih pagi dari biasanya agar tidak ketinggalan pesawat. Apa yang menjadi alasan orang-orang ini takut ketinggalan pesawat? Jawaban rata-rata adalah soal uang. Mereka tidak ingin tiketnya hangus begitu saja. Mereka beralasan karena ada rapat penting yang tidak bisa ditunda, keperluan keluarga, dan sebagainya. Namun, rata-rata beralasan karena takut tiketnya hangus.

Melihat kenyataan ini, saya mencoba bercermin pada diri sendiri yang baru saja ikut terlibat dalam kegiatan ‘mengejar pesawat’ karena takut tiket hangus. Saya berpikir, apakah perjuangan saya untuk mengejar sholat sudah sebesar ini? Apakah saya rela bersiap 2 jam sebelum waktu sholat karena takut pahala sholat tepat waktu saya hangus? Mungkin ini juga bisa jadi bahan renungan untuk kawan-kawan semua.

Padahal, berapa sih harga tiket? Apalagi sekarang harga tiket pesawat sudah semakin murah.

Bahkan saya sering dapat tiket promo dengan kisaran harga 300 – 500 ribu. Tentunya harga segitu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan nilai pahala sholat. *Tapi nyatanya?*

Perjuangan kita mempertahankan tiket lebih besar dibanding-kan dengan perjuang-an untuk sholat tepat waktu. Kalo tiket hangus, galaunya luar biasa. Cerita ke semua orang, update status di social media. Sedangkan saat tertinggal sholat berjamaah ? Biasa aja tuh. Masya Allah.

Rasulullah SAW bersabda : “Dua rakaat shalat sunnah sebelum sholat subuh (sunah Fajr) lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim No.725)

Berdasarkan hadits tersebut, Rasulullah SAW dengan tegas menga-takan *betapa mahal-nya ‘harga’ dari sholat dua rakaat sebelum sholat subuh atau yang kita kenal dengan sholat sunnah Fajr.*

Bahkan sholat tersebut lebih baik dari dunia dan seluruh isinya. *Tapi apakah kita menyesal saat sholat Fajr kita hangus ?* Enggak tuh…ha ha ha, Dasar saya!!

Relakah kita bangun lebih awal demi mengejar sholat sunnah Fajr seperti saat kita mengejar pesawat karena takut tiket kita hangus ? Tentunya hal ini harus benar-benar jadi renungan bagi kita.

Selain hadits yang menjelaskan tentang betapa mahalnya sholat Fajr, Rasulullah SAW juga pernah bersabda :

“Barangsiapa kehilangan shalat Ashar, seolah-olah ia kehilangan keluarga dan hartanya.” (HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan ‘harga’ dari sholat Ashar. Begitu mahalnya nilai sholat Ashar, Rasulullah SAW sampai mengumpamakan bahwa seseorang yang sholat  Asharnya ‘hangus’, maka ia seolah-olah telah kehilangan keluarga dan hartanya*. MasyaAllah.

*Semoga kita dapat lebih menghargai sholat*. Usahakan ontime, sama halnya seperti saat kita mengejar pesawat.

Sumber dari WA teman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *